9 Budaya Tradisional Indonesia Yang Harus Dilestarikan

Daftar isi: [Tampil]
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 300 kelompok etnis. Hal ini mengakibatkan Indonesia memiliki peta kebudayaan yang beraneka ragam. Beberapa kebudayaan asli Indonesia telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya.
Budaya Indonesia yang harus dilestarikan
Budaya Indonesia yang harus dilestarikan

Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya Anda membantu menjaga warisan nenek moyang untuk anak cucu di masa depan. Apa saja budaya Indonesia yang harus dilestarikan? Simak selengkapnya berikut ini!

9 Budaya Asli Indonesia untuk Dilestarikan

Batik

Siapa yang tidak kenal dengan pakaian khas Indonesia nasional ini? Berbagai daerah di Indonesia juga memiliki beragam motif batik yang beragam dan cantik. Oleh karena itu, batik merupakan oleh-oleh “aman” yang sering dibeli ketika berkunjung ke suatu tempat. Batik telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia sejak tahun 2009.

Gamelan

Gamelan merupakan jenis alat musik asli Indonesia. Gamelan berisi serangkaian berbagai jenis alat musik yang menciptakan bunyi-bunyi ekstrinsik sekaligus penuh warna biasanya ditemukan di acara adat-adat. Gamelan ditetapkan secara resmi sebagai salah satu warisan budaya Indonesia sejak 2014. Rangkaian gamelan diantaranya gong, kendang, dan lain sebagainya.

Wayang Kulit

Apakah Anda pernah menonton pertunjukan wayang kulit? Wayang kulit biasanya diundang atau ditemukan di berbagai acara khusus dan perayaan. Wayang kulit adalah seni pertunjukan berupa berbagai tokoh-tokoh wayang yang digerakkan secara khusus oleh seseorang yang disebut dengan istilah dalang.

Anda dapat mendengarkan berbagai kisah pewayangan yang sarat akan makna dan pelajaran. Seni pertunjukan asli Indonesia ini telah diresmikan oleh UNESCO sejak tahun 2008 silam.

Sekaten 

Warisan budaya Indonesia satu ini juga telah diakui secara internasional. Sekaten adalah jenis ritual atau perayaan yang sering dilakukan oleh masyarakat jawa untuk memperingati ulang tahun Nabi Muhammad SAW. Sekaten dapat Anda temukan umumnya di alun-alun utara Yogyakarta dan akun-alun Kraton Surakarta.

Angklung

Jenis alat musik satu ini telah terkenal di luar negeri. Berbagai acara festival banyak yang menghadirkan para seniman angklung. Angklung tercatat sebagai budaya Indonesia sejak tahun 2010 oleh UNESCO. Angklung erat dengan kebudayaan Sunda dan terdengar merdu untuk dimainkan secara bersama-sama.

Tari Saman Gayo

Jenis tarian indah ini berasal dari Aceh. Saking indahnya maka tarian ini masuk dalam salah satu budaya Indonesia yang harus dilestarikan keberadaannya. Sekarang ini banyak tersedia kursus dan komunitas tari yang menyediakan kesempatan untuk mempelajari tarian ini kepada pemuda dan pemudi.

Noken

Benda yang digunakan untuk mengangkut segala jenis barang ini dikembangkan oleh masyarakat asli papua. Noken umumnya memiliki warna dan motif yang beragam. Noken dianggap sebagai tradisi asal papua dan telah diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia sejak tahun 2011.

Subak

Lain hanya dengan budaya Indonesia yang bersifat barang, Subak adalah sejenis sistem tata letak persawahan di Bali yang memiliki filosofi kehidupan. Subak dikenal oleh masyarakat Bali sebagai sistem demokrasi yang dikembangkan. Subak diresmikan oleh UNESCO sejak tahun 2012.

Tari Kecak

Sama halnya dengan Tari Saman asal Aceh, tari Kecak asal Bali ini juga dikenal secara internasional sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Anda bisa melihat penampilan Tari Kecak yang super bagus asli dari Bali. Umumnya ketika berwisata ke Bali, Anda akan disuguhkan penampilan tari Kecak beserta cerita filosofis di baliknya.

Post a Comment

Copyright © 2019

Kemdikbud.co.id