-->

[ADS] Top Ads

Cara Cek Inpassing Guru GBPNS 2019

Daftar isi: [Tampil]

Sebelum kita akan membahas mengenai bagaimana cara cek inpassing guru 2019, kita akan membahas terlebih dahulu tentang apa sih inpassing guru itu sendiri? Inpassing guru merupakan suatu program yang memiliki tujuan untuk melakukan program penyetaraan jabatan guru non PNS dengan guru yang sudah memiliki jabatan PNS.

Semua itu dilakukan untuk memberikan kehidupan yang sejahtera untuk kedua belah pihak, termasuk guru bukan PNS karena semua guru membutuhkan kehidupan yang lebih baik untuk masa depan dan keluarganya. Guru yang mendapatkan inpassing dilihat dari masa kerja, sertifikat pendidik dan juga kualifikasi akademiknya.
Museum pendidikan Indonesia
Museum pendidikan Indonesia

Tunjangan yang didapatkan oleh guru inpassing setiap bulan akan sama dengan tunjangan yang didapatkan oleh guru PNS. Gaji yang didapatkan tersebut didasarkan atas golongan dan mengacu pada perhitungan angka kredit jabatan serta pangkat yang dimiliki selama ia aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Lantas, seperti apa cara cek inpassing guru 2019? Bagi Anda yang merupakan guru bukan PNS tentu informasi inpassing ini akan sangat penting bagi Anda!

Cara Cek Inpassing Guru 2019

Program inpassing guru sebenarnya merupakan suatu program yang selalu diadakan setiap tahun. Hanya saja waktunya tidak menentu. Karena itu guru diharapkan harus selalu aktif mencari informasi tentang tata laksana program inpassing guru.

Hal ini sangat penting untuk tujuan agar para guru bisa tahu kapan jadwal inpassing, seperti apa syarat inpassing dan bagaimana mekanisme dari pelaksanaan inpassing itu sendiri. Jika Anda ingin tahu syarat mengajukan inpassing, adapun syarat – syaratnya sebagai berikut :
  • Membuat surat pengantar dari Kepala Sekolah yang isinya bahwa guru yang bersangkutan memang benar menjadi pengajar di sekolah yang bersangkutan. Surat resmi ini merupakan surat wajib yang telah ditanda tangani secara langsung oleh Kepala Sekolah dan tidak boleh diwakili oleh siapa pun.
  • Melampirkan bukti NUPTK yang bisa berupa foto copy NUPTK atau lembar Padamu Negeri yang sudah dicetak dan disana juga tertulis jelas NUPTK Anda. 
  • Menyertakan biodata diri Anda yang formatnya bisa Anda akses melalui website di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id dengan format yang sudah disesuaikan. 
  • Memberikan bukti berupa surat pengangkatan sebagai guru tetap yayasan yang telah dilegalisir oleh satuan Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota Setempat
  • Fotocopy ijazah minimal S1 yang dilegalisir oleh kampus dengan nilai akreditasi minimal B
  • Menyertakan surat keputusan pembagian tugas mengajar selama 4 semester terakhir dan wajib untuk dilegalisasi oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota Setempat
  • Surat keterangan yang diberikan Kepala Sekolah juga disertakan. Surat tersebut menerangkan bahwa guru yang melakukan pengajuan inpassing telah memiliki kinerja yang baik. Surat ini juga wajib ditandatangani secara resmi oleh pihak Kepala Sekolah.
  • Untuk guru yang menjabat di sekolah, maka ia harus melampirkan surat keputusan pengangkatan sebagai seorang kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala laboratorium, kepala bengkel, kepala perpustakaan dan lainnya yang memang sesuai dengan kontribusinya di sekolah tersebut. 
  • Menyertakan foto copy sertifikat pendidik yang sesuai dengan bidang studinya jika memang ada
  • Menyertakan nomor registrasi guru (NRG) jika memang ada.

Jika Anda sudah memenuhi syarat tersebut, maka Anda layak mendaftar. Jika Anda sudah mendaftar dan ingin melakukan pengecekan inpassing guru, cara cek inpassing guru 2019 dengan langkah – langkah sebagai berikut ini :
  • Pertama – tama yang Anda harus lakukan adalah mengakses website resmi sdm.kemdikbud.go.id
  • Kemudian masukkan NUPTK Anda masing – masing
  • Masukkan juga nama guru yang memang mau dicek
  • Terakhir, klik periksa

Cukup mudah bukan cara cek inpassing guru 2019? Di website resmi sdm.kemdikbud.go.id, selain Anda bisa melakukan pengecekan inpassing guru, Anda juga akan menemukan berbagai macam fitur lainnya. Fitur – fitur penting lain dari website resmi sdm.kemdikbud.go.id, diantaranya :
  • Cek proses dupak guru
  • SK inpassing bukan PNS
  • Penyesuaian jabatan guru PNS
  • Penyesuaian jabatan guru bukan PNS
  • Proses dupak pengawas
  • Proses dupak pamong belajar atau penilik
  • Klarifikasi PAK dan SK

Semua syarat tersebut merupakan syarat – syarat yang sangat penting diperhatikan dalam melakukan pengecekan inspassing guru. Dengan adanya pengecekan secara online melalui situs tentu memberikan banyak keuntungan bagi guru yang ingin melakukan pengecekan.

Dengan adanya fitur pengecekan online tersebut, tentunya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satu keuntungan terdapatnya fitur pengecekan online adalah memberikan dukungan yang memudahkan kepada masing – masing guru untuk memberikan yang terbaik dan agar bisa lebih memudahkan dalam mengecek inpassing keguruan.

Pengecekan online juga membantu menunjang kebutuhan informasi guru tanpa perlu bingung lagi mencari informasinya karena informasi digital sudah dipersiapkan untuk menunjang.

Itulah bagaimana cara cek inpassing guru 2019 yang Anda harus tahu dan pahami. Semoga informasi diatas merupakan informasi yang memudahkan Anda untuk mengecek inpassing guru 2019 ini.

Post a Comment

Copyright © 2019

Kemdikbud.co.id