Cara Lapor BOS Kemdikbud

Daftar isi: [Tampil]
Lapor BOS mungkin sudah sangat familiar dan pekerjaan yang cukup melelahkan bagi orang - orang yang bekerja di dalam dunia pendidikan. BOS adalah singkatan dari Bantuan Operasional Sekolah, bantuan operasional untuk sekolah ini adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk membantu dalam memberikan sarana dan prasarana untuk menunjang pendidikan di tiap sekolah.

Dana bantuan operasional untuk sekolah ini selalu diberikan tiap tahunnya. Setiap sekolah yang menerima bantuan operasional ini telah diberikan anggaran masing - masing sesuai dengan kebutuhan dari sekolah tersebut.
cara lapor BOS kemdikbud
Cara lapor BOS Kedikbud

Ketika dana BOS telah digunakan, tentu sekolah yang menggunakan dana ini harus memberikan laporan penggunaan dana bantuan operasional tersebut. Untuk pembuatan laporan BOS ini dapat dilakukan secara online. Berikut adalah penjelasannya.

Komponen Pembiayaan BOS

Dana bantuan operasional pemerintah untuk sekolah ini, digunakan untuk berbagai kebutuhan sekolah baik dari SD sampai SMA. Tiap jenjang pendidikan memiliki komponen yang berbeda, sehingga pembiayaan BOS antara SD, SMP, dan SMA berbeda - beda.

BOS juga menerapkan berbagai aturan yang harus dipatuhi oleh penerima dana operasional ini dengan tujuan agar pembiayaan yang diberikan pada sekolah yang menerima BOS dapat mempergunakan dana tersebut dengan sebaik mungkin.  Untuk setelah dana digunakan, sekolah harus memberikan laporan yang sesuai dengan dana yang telah digunakan.

Lapor BOS Kemdikbud

Bagi anda yang bekerja di dunia pendidikan dan memegang status sebagai bendahara dana BOS, tentu anda sudah mengetahui langkah - langkah lapor BOS Kemdikbud ini.
  • Untuk bisa membuat laporan dana operasional dari pemerintah secara online, anda harus membuka web https://bos.kemdikbud.go.id/, kemudian anda akan dibawa pada halaman utama dari web BOS kemdikbud.
  • Pada bagian bawah web terdapat beberapa sub menu yaitu Masuk Website, Login Propinsi, Login Kabupaten / Kota, Login Sekolah, dan Masuk Siplah.
  • Anda dapat memilih pada menu Login Sekolah untuk dapat membuat laporan penggunaan dana bantuan operasional dari pemerintah ini.
  • Setelah anda memilih menu Login Sekolah kemudian anda dapat memasukkan username dan password. Untuk dapat masuk ke halaman login anda harus mengisi username dan password lebih dulu. Username dan password yang dapat anda gunakan untuk masuk ke halaman login adalah sama dengan username dan password pada akun DAPODIK. Gunakan akun tersebut untuk dapat masuk ke dalam halaman login laporan BOS.
  • Saat anda sudah memasukkan username dan password yang sesuai dengan akun DAPODIK, selanjutnya anda tinggal membuat laporan dana BOS yang telah digunakan oleh sekolah anda.
  • Selain itu, untuk dapat mengetahui hasil pelaporan dana, anda dapat memilih menu Masuk Website. Kemudian setelah anda masuk pilih menu Penggunaan Dana.
  • Pada menu Penggunaan Dana terdapat enam kolom yang harus anda isi. Yang pertama adalah kolom jenjang baik itu SD, SMP, atau SMA.
  • Kolom yang kedua adalah kolom Provinsi, anda tinggal memilih di provinsi mana sekolah anda berada.
  • Kolom yang ketiga adalah kolom Kabupaten / Kota, anda dapat memilih Kabupaten / Kota mana sekolah anda berada.
  • Selanjutnya ada kolom Status, anda tinggal memilih sekolah anda berstatus swasta atau negeri.
  • Lalu terdapat kolom Sekolah, anda dapat memilih nama sekolah anda. Yang terakhir adalah kolom Tahun yang dapat anda pilih sesuai dengan tahun laporan anda dibuat, kemudian klik submit dan hasilnya akan muncul.

Demikianlah cara lapor BOS kemdikbud untuk mengetahui rincian penggunaan dana bantuan operasional sekolah dari pemerintah untuk sekolah anda.

Post a Comment

Copyright © 2019

Kemdikbud.co.id