-->

[ADS] Top Ads

Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama dan Tempat Tanggal Lahir

Daftar isi: [Tampil]
Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama dan Tempat Tanggal Lahir

 Mencari NISN berdasarkan nama dan tempat tanggal lahir merupakan salah satu hal yang sering dilakukan guru untuk mengetahui NISN siswa. Namun banyak sekali siswa yang masih belum mengetahui NISN asli miliknya, hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal. Umumnya kesalahan ini bisa saja disebabkan karena pada saat bagi raport tidak mengikuti daftar ulang, atau karena kesalahan lainnya yang fatal.

Akibatnya banyak siswa yang sulit bahkan tidak bisa mengikuti ujian nasional, karena tidak memiliki nomor induk sekolah tingkat nasional ini. Jika seperti ini sebenarnya ada solusi di mana siswa juga bisa mencari NISN sendiri secara online untuk keperluan tertentu, tanpa bantuan dari guru sekolah. Hal ini karena umumnya setiap siswa memiliki NISN sendiri sejak awal, sehingga Anda bisa menemukan NISN tersebut.

Cara Mudah Mengetahui NISN Siswa

Untuk dapat mengetahui NISN siswa baik itu siswa SD, SMP, SMK, bisa dilakukan dengan mudah melalui beberapa cara sederhana. Jika sempat, ada baiknya Anda mengunjungi kantor Kemdikbud secara langsung, untuk mencari tahu NISN. Namun ada alternatif lainnya yang bisa dilakukan di rumah yaitu dengan mengunjungi situs resmi Kemdikbud untuk mengecek NISN siswa, adapun cara pengecekannya yaitu sebagai berikut ini.
  • Langkah utama adalah mengunjungi situs Kemdikbud menggunakan perangkat yang terhubung dengan koneksi Internet. Situs ini sendiri adalah salah satu hasil dari kerja sama yang dibangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Despotik. Layanan ini digunakan secara khusus untuk mencari atau melihat NISN secara online dan juga mudah di mana saja.
  • Setelah situs terbuka Anda akan disuguhkan dengan tampilan situs pencarian NISN dengan dua cara, di antaranya yaitu pencarian berdasarkan NISN dan pencarian berdasarkan Nama. Maka yang harus Anda pilih adalah pencarian berdasarkan nama. Klik tab tersebut jika ingin mencari NISN berdasarkan nama dan tempat tanggal lahir siswa.
  • Langkah selanjutnya adalah mengisi data siswa yang akan dicari NISN pada kolom yang telah disediakan secara jelas dan lengkap. Data tersebut berupa nama lengkap siswa, tanggal lahir, tempat lahir dan juga nama ibu dari siswa tersebut. Harap untuk tidak mengosongkan salah satu kolom, agar pencarian bisa berjalan lancar.
  • Periksa kembali data yang dimasukkan, jika dirasa semua data telah benar, klik tombol cari yang berada tepat di bawah formulir atau kolom data. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman hasil pencarian NISN, pada halaman ini akan menampilkan hasil dari data siswa yang sudah dimasukkan. Adapun hasil tersebut berupa Nomor Induk Siswa Nasional, nama siswa, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir siswa secara rinci.
  • Jika terjadi sesuatu pada halaman hasil data NISN pada tabel dengan keterangan yang diberikan yaitu "no record to display" maka kemungkinan Anda salah memasukkan data informasi siswa. Anda dapat mengulanginya dengan memuat kembali halaman data dan mengecek kembali data yang salah untuk diperbaiki kembali.
  • Apabila telah mengisi data secara benar, namun hasil yang didapatkan belum benar atau mengalami masalah saat mencari NISN berdasarkan nama dan tempat tanggal lahir, Anda bisa menghubungi Kemdikbud. Konsultasikan kendala yang Anda alami melalui kirim pesan via email, atau menghubungi call center resmi. Selain itu Anda juga bisa datang ke kantor untuk berkonsultasi secara langsung, atau mengeceknya di sana.

Post a Comment

Copyright © 2019

Kemdikbud.co.id