Cara Print Out NISN secara Online via Web/Aplikasi

Daftar isi: [Tampil]
Saat ini masih banyak yang belum mengetahui cara print out NISN dari internet untuk beberapa keperluan atau sebagai bukti kepemilikan. NISN sendiri merupakan salah satu nomor identitas seseorang terutama siswa dan berlaku secara nasional, dengan banyak sekali manfaat. Nomor induk siswa ini umumnya didapatkan saat pertama kali siswa duduk di bangku SD, namun tidak sedikit siswa yang tidak mengetahui NISN.
Ilustrasi cetak NISN secara online
Ilustrasi cetak NISN secara online

Hal ini karena NISN sangat penting dan terus berlaku sebagai pelengkap untuk kegiatan pendidikan, hingga seorang siswa menyelesaikan sekolah. Beberapa keperluan memungkinkan Anda untuk mencetak Nomor Induk Siswa Nasional ini secara online dengan tujuan tertentu. Salah satunya yaitu untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, dan sebagainya.

Cara Cetak NISN Secara Online

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencetak Nomor Induk Siswa Nasional ini dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara tersebut bisa dengan menggunakan aplikasi khusus cetak kartu NISN atau melalui internet secara langsung. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mencetak kartu NISN dari internet.

Lakukan Pencarian NISN

Langkah awal sebelum mencetak atau print kartu NISN Anda perlu mencari atau mengecek NISN terlebih dahulu pada tampilan laman situs Kemdikbud. Silakan buka browser untuk mengunjungi situs dan pilih menu pencarian berdasarkan NISN pada tampilan pencarian. Selanjutnya Anda hanya tinggal mengisi data secara jelas dan klik tombol cari di bagian bawah.
Cara Cetak NISN Secara Online
Ilustrasi NISN 
Jika Anda tidak mengingat NISN maka bisa memilih menu pencarian berdasarkan nama dan tempat tanggal lahir, untuk mengecek NISN Anda. Setelah itu isi data pada tabel informasi yang disediakan, pastikan untuk mengisi data secara jelas dan juga benar. NISN Anda serta informasi mengenai data Anda akan ditampilkan pada halaman akhir secara rinci.

Pilih Menu Print

Saat informasi dan data tentang NISN Anda telah berhasil ditampilkan secara jelas, maka selanjutnya yaitu memilih menu print pada layar. Anda bisa mengeklik tanda titik tiga pada Chrome yang berada di pojok kanan bagian atas browser Anda untuk mencari menu print. Setelah di klik maka akan ada beberapa pilihan menu, silakan pilih menu print NISN.

Selain dari menu ini, ada cara print out NISN dari internet lain yang bisa digunakan untuk mempersingkat waktu, yaitu Anda juga bisa klik kanan pada hingga halaman menampilkan menu pilihan print out. Langkah lainnya yaitu dengan menekan tombol CTRL+P pada keyboard komputer Anda secara bersamaan hingga menampilkan menu yang sama.

Simpan File

Setelah itu akan muncul pageview untuk percetakan pada layar komputer Anda, saat memilih menu print di halaman sebelumnya. Untuk menyimpan file NISN yang akan di print, Anda dapat mengeklik pilihan dari kolom pilihan destination untuk memindahkan file tersebut. Biasanya simpan file ini dilakukan jika Anda akan menyimpan file dan mencetaknya di kemudian hari.

Cetak Kartu NISN

Setelah menyimpan file tersebut, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah merubah kembali isi file tersebut ke dalam format jenis PDF lalu pilih menu simpan atau cetak. Anda juga bisa memilih untuk mengeklik cetak jika ingin mencetak kartu NISN secara langsung tanpa menyimpan format PDF terlebih dahulu.

Cara print out NISN dari Internet ini juga bisa Anda lakukan melalui aplikasi yang telah disediakan secara khusus atau bisa juga dengan menggunakan cara lainnya. Langkah print dari internet ini cukup mudah karena dapat dilakukan di rumah tanpa adanya dukungan aplikasi pendukung.

Referensi tautan resmi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan:

Post a Comment

Copyright © 2019

Kemdikbud.co.id