-->

[ADS] Top Ads

Cara Registrasi Akun SIM GPO untuk Guru/Tenaga Pendidik

Daftar isi: [Tampil]
Pada dasarnya situs Guru Pembelajaran Online (GPO) sudah dipublikasikan cukup lama oleh Kemendikbud. Namun meskipun demikian, ada beberapa guru pendidik yang belum tahu cara registrasi akun SIM GPO. Oleh karenanya melalui artikel berikut ini akan kami bagikan langkah mudahnya registrasi akun SIM GPO yang bisa Anda coba sendiri.
Foto SMAN 2 Padang Panjang
Foto SMAN 2 Padang Panjang

Namun sebelumnya alangkah lebih baik kalau Anda mempersiapkan diri dengan cara mempelajari buku MGPMD atau buku Manual Guru Pembelajaran Modal Daring. Dimana dalam buku tersebut berisikan sebuah gambaran secara terperinci tentang teknis penggunaan GPO.

Cara Registrasi Akun SIM GPO

Dalam situs GPO atau Guru Pembelajaran Online ini ternyata juga bisa difungsikan untuk melihat atau mengganti foto profil, mengganti password, melihat hasil UKG, dan lain – lain. Untuk cara registrasi akun SIM GPO sendiri antara lain sebagai berikut.
  • Pertama – tama, silakan Anda buka terlebih dulu situs resmi GPO di sini (https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi).
  • Jika sudah, Anda akan langsung dihadapkan dengan pilihan Registrasi Akun SIM GPO. 
  • Masukkan saja Nomor Peserta UKG dan Tanggal Lahir Anda dengan benar.
  • Kemudian centang opsi Saya Bukan Robot.
  • Klik Register.
  • Selesai, apabila Anda berhasil dalam melakukan registrasi, maka Anda akan mendapatkan akun SIM GPO tersebut. Simpan akun SIM GPO yang telah Anda buat.

Cara Login Akun SIM GPO

Ada kaitan dengan User Name dan Password yang sudah Anda miliki tersebut itu artinya Anda sudah bisa menggunakannya untuk Log-In pada akun SIM GPO. Cara Log-in akun SIM GPO sebenarnya mudah sekali, namun demikian apabila Anda merasa kesulitan maka Anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini.
  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah berkunjung ke situs GPO di sini (https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login).
  2. Jika sudah, barulah Anda bisa memasukkan User Name (Email) dan password yang sudah Anda miliki tersebut.
  3. Klik Log-In.
  4. Apabila Anda sudah berhasil masuk, maka Anda bisa menggunakan beberapa menu yang tersedia.
  5. Menu tersebut diantaranya ada Beranda, Profil, Anggota Komunitas, dan Riwayat Pelatihan.
  6. Apabila Anda ingin keluar, klik Profil – Log-Out.

Fitur di dalam SIM GPO

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa layanan SIM GPO ini sebenarnya diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kualitas guru pendidik di Indonesia. Dalam SIM GPO tersebut juga tersedia beberapa fitur yang bisa digunakan, antara lain sebagai berikut.
  • Bisa digunakan untuk melihat riwayat penelitian.
  • Bisa digunakan untuk melihat fasilitas yang diterbitkan Dirjen GTK.
  • Bisa digunakan untuk melihat hasil penelian UKG berdasarkan Kelompok Kompetensi atau KK.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara registrasi akun SIM GPO. Semoga informasinya bermanfaat.

Post a Comment

Copyright © 2019

Kemdikbud.co.id