[ADS] Top Ads

Cara Tarik PD (Peserta Didik) Dapodik 2019

Daftar isi: [Tampil]
Pada aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 yang merupakan versi baru, ada sedikit perbedaan pada cara tarik pd (peserta didik) Dapodik 2019. Jika pada versi sebelumnya, penarikan data peserta didik dapat dilakukan menggunakan login operator sekolah, maka pada versi barunya terdapat sedikit perbedaan.

cara tarik pd dapodik

Pada versi baru aplikasi Dapodikdasmen, penarikan data peserta didik baru maupun mutasi secara online hanya dapat dilakukan dengan cara login pada menu ‘manajemen dapodik sekolah’. Tidak hanya caranya yang berbeda, fitur dan tampilan yang diberikan oleh aplikasi versi baru ini juga memiliki perbedaan.
Cara Tarik PD (Peserta Didik) Dapodik 2019
Cara tarik peserta didik Dapodik 2019

Dengan adanya perubahan cara tarik pd (peserta didik) dapodik 2019, pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan penarikan data siswa tersebut menggunakan cara yang baru.

Cara Tarik Peserta Didik Dapodik Terbaru

Langkah-langkah berikut ini harus Anda lakukan untuk mendapatkan data yang Anda inginkan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Yang pertama, buka situs http://dapo.dikdasmen.kemendikbud.go.id/ yang akan membawa Anda kepada laman utama situs tersebut. Kemudian Anda harus melakukan login pada menu ‘manajemen dapodik sekolah’.
  • Untuk melakukan login tersebut, klik tombol ‘login’ kemudian pilih menu ‘manajemen sekolah’. Setelah itu akan muncul tampilan dengan dua kolom kosong yang harus Anda isi menggunakan username dan password dapodik Anda. Jika username dan password sudah ditulis dengan lengkap dan benar, klik tombol ‘kelola data sekolah’.
  • Setelah proses login berhasil, akan muncul tampilan dengan keterangan informasi akun yang berisikan nama sekolah, NPSN, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Nama Kepala Sekolah, Operator dan keterangan tanggal terakhir dilakukan sinkronisasi data tersebut. Pada bagian bawah laman tersedia tombol ‘kelola data pokok’, klik tombol tersebut untuk memunculkan tampilan langkah berikutnya.
  • Setelah pilihan ‘kelola data pokok’ selesai diklik dan memunculkan tampilan baru, klik menu ‘peserta didik baru’ pada bagian kanan atas untuk melakukan penarikan data peserta didik baru. Kemudian pilih menu ‘tambah peserta didik’, lalu akan muncul tampilan lainnya.
  • Pada tampilan tersebut, tersedia berbagai kolom berisikan kategori data yang bisa Anda pilih sesuai dengan alamat sekolah asal peserta didik yang akan ditarik tersebut.

Catatan dalam menarik pd (peserta didik) dapodik 2019

Untuk melakukan penarikan data peserta didik, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apakah sekolah asal peserta didik tersebut menggunakan aplikasi Dapodik atau tidak. Untuk perbedaan itu, ada sedikit perbedaan dalam melakukan penarikan data peserta didik.

Setelah membuka aplikasi Dapodik, pada menu ‘sumber data’ tersedia dua pilihan, yaitu ‘Tarik PD Dapodik’ dan ‘Tambah PD di luar Dapodik’. Jika peserta didik tersebut menempuh pendidikan pada sekolah yang menggunakan aplikasi Dapodik, maka pilih ‘Tarik PD Dapodik’, namun jika sekolah asal peserta didik tersebut tidak menggunakan aplikasi Dapodik, maka pilih pilihan lainnya.

Setelah menentukan kategori asal sekolah peserta didik, Anda akan disuguhkan dengan tampilan yang menyediakan berbagai kolom kategori identitas peserta didik seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, sekolah asal dan tahun lulus peserta didik.

Jika semua kategori tersebut sudah diisi dengan benar, lanjutkan dengan menekan tombol ‘tampilkan’ dan akan memunculkan nama seluruh peserta didik yang sesuai dengan kategori yang sudah diisi sebelumnya.

Yang juga perlu diingat adalah bahwa data peserta didik yang ditampilkan pada situs tersebut belum masuk ke dalam aplikasi Dapodik versi 2020 yang Anda miliki. Untuk memasukkan data tersebut, Anda harus melakukan sinkronisasi antara data tersebut dengan aplikasi dapodik pada komputer Anda.

Post a Comment

Copyright © 2019

Kemdikbud.co.id