[ADS] Top Ads

Daftar Sekolah Kedinasan Plus Ikatan Dinas di Indonesia

Daftar isi: [Tampil]
Menjadi alumnus bagi sekolah kedinasan memang sangat menyenangkan. Salah satu alasannya adalah karena mereka yang bersekolah di sekolah kedinasan akan mendapatkan jaminan untuk diterima menjadi bagian dari Pegawai Negeri Sipil bahkan tanpa tes.

Hal tersebut karena sudah banyaknya prosedur tes yang dialami setelah lulus sekolah SMA agar bisa masuk di sekolah kedinasan tersebut. Sementara di sekolah kedinasan tempat menuntut ilmu, para calon PNS tersebut memang sudah dipersiapkan dengan cara ditempa sebaik mungkin.

Oleh sebab itu ada banyak orang yang memiliki impian dan cita – cita untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan tersebut walau cara masuk disana tidaklah mudah. Lantas, apa saja daftar sekolah kedinasan plus ikatan dinas di Indonesia?

Daftar Sekolah Kedinasan Plus Ikatan Dinas di Indonesia

Politeknik Negeri STAN

Sampai detik ini STAN masih menjadi favorit siswa – siswi yang sangat menggemari mata pelajaran ekonomi atau akuntansi. Sekolah STAN merupakan salah satu dari daftar sekolah kedinasan plus ikatan dinas di Indonesia yang sangat menggemari pelajaran ekonomi atau akuntansi.
Sekolah kedinasan STAN

STAN menyediakan berbagai macam jurusan untuk calon peserta didik mulai dari yang ada kaitannya dengan bea cukai, kebendaharaan negara, akuntansi, pajak, management asset atau pengurusan piutang dan lelang negara, sampai pajak bumi dan bangunan.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Bagi Anda yang ingin berkarir di lembaga pemerintahan dalam negeri entah itu di tingkat daerah seperti halnya bupati atau pusat, maka IPDN sangat dianjurkan menjadi sekolah kedinasan lanjutan Anda. Di IPDN, Anda akan menyadari bahwa menjadi seorang pegawai kepemerintahan itu tidak hanya butuh intelektual yang tinggi akan tetapi juga butuh fisik yang kuat dan jiwa yang sehat.

Bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan sekolah di IPDN, ada persyaratan yang harus Anda penuhi yaitu berusia diantara 16 sampai 21 tahun maksimal. Memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, memiliki nilai rata – rata rapor 7,00, belum menikah, tidak berkacamata, tidak bertato atau bertindik.

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) merupakan satu – satunya tempat pendidikan yang mempelajari berbagai seluk beluk persandian di Indonesia. Sekolah yang didirikan ini salah satunya berdiri untuk tujuan menghadapi berbagai macam ancaman terkait dengan pengamanan informasi rahasia negara.

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) hadir dengan sebanyak dua program studi yaitu manajemen persandian dan teknik persandian. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) lokasinya berada di Bogor.

Persyaratan untuk masuk dan menjadi bagian dari Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) cukup mudah yaitu memiliki nilai matematika dan bahasa Inggris diatas 8, berusia antara 17 sampai 21 tahun, sehat dan masih belum terikat pernikahan.

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

STMKG sangat cocok bagi mereka yang merupakan pecinta geografi  dan penasaran tentang iklim dan cuaca di bumi serta ingin mempelajarinya. Di STMKG, kadernya akan dididik untuk menjadi orang yang dapat membantu kerja dari BMKG untuk memberi segala macam informasi mengenai meteorology, geofisika, klimatologi dan kualitas udara.

Agar bisa menjadi bagian dari STMKG, syarat yang harus dipenuhi diantaranya berusia antara 17 tahun sampai 23 tahun, lulus SMA atau SMK jurusan tertentu, sehat, tinggi badan minimal 163 untuk pria dan 156 untuk wanita, memiliki nilai minimal 70 dalam mata pelajaran bahasa Inggris, Fisika dan Matematika.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STTS)

STTS ditujukan untuk lulusan SMA jurusan IPA yang menyediakan jurusan statistika ekonomi dan sosial kependudukan, serta jurusan komputasi statistic. Di sekolah ini kita akan belajar tentang segala macam aspek yang berkaitan dengan ilmu statistic, karenanya nilai matematika sangat diperhitungkan disini.

Anda yang berasal dari jurusan IPA minimal nilai matematika adalah 7,00 dan Anda yang berasal dari jurusan IPS minimal nilai matematika 8,00. Jika kualifikasi tersebut Anda penuhi maka Anda bisa mempersiapkan diri mendaftar di STTS.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Bagi Anda yang berkeinginan untuk bekerja sebagai seorang analis atau agen ala FBI atau CIA maka STIN sangat cocok. Semua mahasiswa yang bersekolah di STIN pasti akan sangat bangga. Mereka dipersiapkan secara khusus untuk mengembangkan ilmu intelijen demi menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Adapun syarat umum yang harus dipenuhi untuk mengemban tugas bergengsi dari negara yaitu memiliki nilai rata – rata rapor SMA minimal 7,00, tidak bertato dan bertindik, tidak pernah mengalami patah tulang, tinggi badan putera minimal 165 cm dan tinggi badan puteri minimal 160 cm, jika berkacamata maksimal plus minus 0,50.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Biasanya STTD diperuntukkan bagi mereka yang ingin berkarir di dunia lalu lintas. Sejalan dengan hal tersebut, ada beberapa jurusan yang ditawarkan oleh STTD.

Beberapa jurusan yang ditawarkan oleh STTD diantaranya yaitu jurusan Diploma Transportasi Darat, Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Perkeretaapian, Penguji Kendaraan Bermotor, serta Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan.

Anda yang ingin mendaftarkan diri menjadi anggota dari STTD, ada beberapa syarat yang Anda harus penuhi. Adapun beberapa syarat tersebut diantaranya meliputi masih belum menikah, berasal dari daerah yang bekerjasama dengan STTD, usia maksimal 23 tahun, belum menikah, tinggi badan 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita, nilai matematika dan fisika minimal 7,00.

Itulah berbagai daftar sekolah kedinasan plus ikatan dinas di Indonesia yang dapat menjadi pilihan Anda melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Plusnya Anda bisa langsung menjadi PNS jika sudah menjadi bagian dari sekolah kedinasan tersebut. Selamat berjuang!

Post a Comment

Copyright © 2019

Kemdikbud.co.id