Panduan Cara Pencarian Data GTK [Terbaru v2019]

Daftar isi: [Tampil]
Data GTK adalah data yang sangat penting bagi semua guru yang ada di Indonesia. Data ini sangat berguna untuk berbagai kepentingan guru yang juga terhubung langsung dengan Dinas Pendidikan Kota setempat.
Cara Pencarian Data GTK
Pencarian data GTK

Data Guru Tenaga Kependidikan ( GTK ) diperoleh dari DAPODIK. DAPODIK sendiri adalah suatu sistem pendataan pendidikan yang terhubung secara online yang digunakan untuk pengelolaan data pendidikan nasional yang terdiri dari satuan pendidikan, peserta didik, guru dan tenaga kependidikan.

Untuk dapat memasukkan dan merubah data seluruhnya dapat dilakukan melalui aplikasi DAPODIK. Sedangkan untuk mencari Data guru tenaga kependidikan dapat diakses melalui halaman khusus. Berikut adalah penjelasan untuk dapat mencari data guru tenaga kependidikan.

Pencarian Data Guru Tenaga Kependidikan

Untuk dapat mencari data guru tenaga kependidikan atau data GTK, anda dapat mengakses data tersebut melalui laman khusus yang digunakan untuk mencari data guru tenaga kependidikan.

Anda dapat mengakses sebuah laman untuk dapat mencari data guru tenaga kependidikan yang dimaksud di https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk. Pastikan koneksi internet anda lancar, karena laman ini selalu sibuk diakses oleh banyak pengguna di seluruh Indonesia.

Setelah anda berhasil mengakses laman tersebut, anda akan dibawa pada halaman utama data guru tenaga kependidikan. Pada laman Pencarian Data GTK Guru Pembelajar, aka nada kolom - kolom yang harus anda isi untuk bisa menemukan data anda atau data guru yang ingin anda cari.

Terdapat tiga buah kolom yang wajib untuk anda isi agar bisa menemukan data anda atau menemukan data guru yang ingin anda cari.

  • Pertama terdapat kolom Nama Guru Tenaga Kependidikan / No. Peserta UKG. Bagi anda yang lupa dengan No. Peserta UKG anda, anda dapat langsung memasukkan data nama lengkap anda yang sesuai dengan akta lahir anda.
  • Kemudian, pada kolom kedua terdapat kolom provinsi. Kolom provinsi berisi provinsi - provinsi yang berada di Indonesia tempat anda bekerja. Bila anda bekerja di provinsi jawa, anda dapat memilih provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, atau Jawa Timur begitu juga bila anda berada di provinsi Sumatera atau provinsi lain yang ada di Indonesia.
  • Pada kolom yang ketiga terdapat kolom kota yang dapat anda pilih dan anda isi sesuai dengan kota atau kabupaten tempat anda bekerja masing - masing. Setelah anda selesai mengisi semua data yang wajib untuk diisi pada tiap kolom, anda dapat mencari data guru tenaga kependidikan dengan mengklik tombol Cari GTK yang berwarna biru.

Bila semua data anda atau data guru yang ingin anda cari sudah terdaftar di DAPODIK, maka secara otomatis data tersebut akan ditampilkan. Pada pencarian data guru tenaga kependidikan ini akan ditampilkan nama data guru tenaga kependidikan, No. Peserta UKG. Selain itu akan ditampilkan juga data tempat dimana anda bekerja atau mengajar, dan data tersebut sekolah tersebut juga didapat dari DAPODIK.

Anda juga dapat melihat status data dari guru tenaga kependidikan apakah sudah aktif di SIM PKB atau belum, lalu apakah juga sudah terkoneksi dengan dapodik dan juga sudah mengajukan PPG atau belum.

Hal utama yang perlu diketahui agar dapat mencari dan menemukan data guru tenaga kependidikan anda atau guru lain, anda harus selalu update data anda di DAPODIK agar lebih mudah dalam pencarian data guru tenaga kependidikan.

Demikanlah cara untuk pencarian data GTK bagi anda yang ingin mengetahui status data anda sebagai tenaga pengajar.

Post a Comment

Copyright © 2019

Kemdikbud.co.id