-->

[ADS] Top Ads

Apa itu PDSPK, Fungi dan Kegunaannya?

Daftar isi: [Tampil]
PDSPK adalah


PDSPK adalah singkatan dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan yang merupakan salah satu unit kerja dibawah Sekretariat Jendral, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) yang bertanggung jawab didalam pengelolaan dan dan statistic pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan pasal 798 pada Permendikbud No. 11 Tahun 2015 tentang organisasi dan tata kerja.
Dalam melakukan pengelolaan data PDSPK  memiliki fungsi diantaranya melaksanakan validasi dan integrasi data pendidikan dan kebudayaan seperti data sekolah, siswa, guru, kelas dan ruang kelas, warisan budaya benda maupun bukan sebuah benda, untuk menjamin validitas data tersebut, maka dibuat sebuah sistem verifikasi dan validasi atau biasa disebut Verval GTK.

Verval GTK merupakan singkatan dari verifikasi dan validasi data guru dan tenaga kependidikan, aplikasi ini melibatkan operator sekolah, operator daerah dan operator pusat. Selain sebagai sistem untuk melakukan verifikasi atau validasi, aplikasi yang satu ini pun digunakan untuk memproses pengajuan, penerbitan maupun penonaktifan NUPTK untuk GTK Kemendikbud dan GTK Kemenag.

Jika anda merupakan seorang operator sekolah dan ingin mendaftarkan sekolah tempat anda menjadi seorang operator maka anda bisa melakukan hal tersebut melalui web PDSPK, karena seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa PDSPK adalah sebuah web yang mengkoordinasi segala perihal yang berkaitan dengan pendidikan serta perangkat pendidikan

Fungsi PDSPK

Fungsi yang dimiliki oleh pusat dan statistic pendidikan dan kebudayaan atau disingkat menjadi PDSPK tentu sangatlah beragam, sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 1 Tahun 2012 tentang organisasi dan tata kerja. Sekretariat Jenderal Depdikbud melalui Permen No. 11 tahun 2015, pasal 6 yang mana menyatakan.

”Sekretariat Jenderal mempunyai tugas melaksanakan koordinasi  pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan”. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 6, secretariat mempunyai fungsi – fungsi sebagai berikut :

Pertama adalah sebagai koordinasi kegiatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kedua Koordinasi dan penyusunan rencana, program, dan anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ketiga pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan, kerjasama, hubungan masyarakat dan dokumentasi.

Visi Dan Misi PDSPK

Melihat visi dan misi PDSPK yang tercantum didalam visi, misi, tujuan, sasaran, kebijakan dan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015 – 2019. Pusat Data dan Statistik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentu telah merumuskan visi dan misi yang akan dilakukan pada periode tahun 2015 – 2019 yang mana berisi sebagai berikut :

Visi : Menjadi pilar utama dalam pengelolaan data dan statistik pendidikan guna mewujudkan kementerian pendidikan dan kebudayaan yang berdaya saing secara regional, sementara itu misi dari PDSPK adalah pertama, meningkatkan mutu data dan statistik pendidikan, kedua, meningkatkan mutu pendayagunaan data dan statistik pendidikan, ketiga, meningkatkan mutu layanan dan tata kelola.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa PDSPK adalah media komunikasi antar pengelola data pendidikan dan kebudayaan, yang berada dari berbagai tingkatan, seperti pengelola daerah, pengelola kota, dan pengelola pusat. Ketiganya berkomunikasi melalui sebuah jaringan yang terintegrasi yang diberi nama PDSPK.

Melalui jaringan pengelola data pendidikan dan kebudayaan ini atau disingkat menjadi PDSPK, pihak pengelola di daerah mampu memberi tahu keadaan pendidikan pada daerah tersebut, dan pihak pengelola pusat mampu merespon hal tersebut dengan memberikan sebuah bantuan, jika informasi yang diberikan oleh daerah terverifikasi dengan benar.

Post a Comment

Copyright © 2019

Kemdikbud.co.id