-->

[ADS] Top Ads

Cara Cek SK TPP di Info GTK

Daftar isi: [Tampil]
cara cek sk tpp di info GTK


Cara Cek SK TPP di info GTK cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja bagi guru yang ingin cek sk untuk tunjangan tersebut. Para guru bisa cek SK TPP mereka pada info GTK yang ada di laman resmi Kemendikbud. Meskipun diberi nama SK tetapi yang akan didapatkan oleh guru bukan SK yang asli seperti surat sebagaimana SK biasanya. Tetapi hanya berupa nomor SK saja yang bisa didapatkan.

Mungkin sudah tidak asing lagi didengar oleh para guru tentang SK TPP atau yang lebih sering didengar adalah SKTP lebih singkatnya. SKTP ini atau yang biasa disebut dengan Surat Keputusan Tunjangan Profesi memiliki fungsi untuk cair tidaknya tunjangan profesi yang didapatkan oleh guru yang sudah bersertifikat.

Tutorial Cara Cek SK TPP di info GTK

  • Untuk Cara Cek SK TPP di info GTK yang pertama harus dilakukan adalah membuka alamat atau website resmi dari Kemendikbud atau langsung bisa dengan klik https://gtk.belajar.kemendikbud.
  • Setelah itu langsung masukkan username dan password SIMPKB pada kolom yang sudah tersedia. Tetapi jika lupa dengan username dan password maka bisa mengunjungi laman.
  • https://sim.gurupembelajar.id/ptk setelah itu mengisi kolom yang tersedia untuk melihat SIMPKB yang sudah tercatat sesuai dengan nama yang dicari. Setelah itu untuk mengubah password ataupun membuat password yang baru tinggal mengunjungi laman https://gtk.belajar.kemendikbud.go.id/gtk lalu klik lupa password dan ikuti instruksi yang ada.
  • Jika sudah memasukkan username dan password secara benar maka akan masuk ke halaman awal dari SIMPKB yang sesuai dengan username. Setelah itu tinggal cari menu Layanan Info GTK dan klik pada menu tersebut.
  • Setelah klik menu Layanan Info GTK maka akan terbuka informasi tentang GTK dan diharuskan mengisikan username dan password yang sudah diperoleh dari Account PTK dapodik. Jika lupa ataupun belum menerima username dan password bisa ditanyakan kepada operator sekolah atau dapodik. Setelah itu masukkan kode unik yang tertera di laman dan tinggal pilih login.
  • Setelah login berhasil maka bisa akan muncul informasi apakah sudah ada nomor SK atau belum pada kolom Tunjangan Profesi. Jika sudah ada nomor SK maka bisa langsung dicetak untuk berjaga-jaga jika suatu waktu dana tunjangan tidak cair dan SK tersebut bisa digunakan langsung untuk mencairkan dana.

Tetapi jika nomor SK belum muncul bisa ditunggu dalam waktu beberapa hari ke depan dan kemungkinan hal tersebut terjadi karena masih dalam tahap pemrosesan. Karena kemampuan server terbatas dan jumlah akses yang terlalu banyak menyebabkan situs tidak bisa dibuka sementara. Jadi supaya bisa lancar mengakses laman disarankan mencari waktu lain yang sekiranya tidak terlalu banyak pengakses seperti di luar jam kerja.

Sekadar informasi bahwa SKTP hanya berlaku selama 6 bulan. SKTP diterbitkan dan berlaku pada awal ataupun akhir semester seperti Januari – Juni dan pada Juli – Desember. Bagi para guru di Indonesia disarankan untuk selalu cek SKTP masing-masing supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Penting juga untuk selalu dan tidak lupa menyimpan dan mencetak laman info GTK masing-masing. Hal-hal yang tidak diinginkan seperti dana tunjangan tidak cair atau karena sistem error bisa teratasi dengan mudah jika menunjukkan info GTK yang sudah dicetak dan yang sudah tercantum nomor SK untuk tunjangan.

Post a Comment

Copyright © 2020

Kemdikbud.co.id