Contoh RKJM 2020 Terbaru untuk Kepala Sekolah

Daftar isi: [Tampil]
Di tahun 2019 ini semua kepala sekolah di Indonesia wajib memiliki RKJM 2020.  RKJM adalah Rencana Kerja Jangka Menengah. RKJM atau Rencana Kerja Jangka Menengah ini sudah disusun di dalam modul yang harus dimiliki oleh setiap kepala sekolah.

Agar dapat memudahkan penggunaannya, Rencana Kerja Jangka Menengah ini juga sudah dilengkapi dengan petunjuk - petunjuk penggunaan, sehingga kepala sekolah dapat terbantu dalam membuat dan menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah ini. Dalam modul ini berisikan hal - hal apa saja yang harus dan perlu dipersiapkan dalam membuat rencana kerja.

Selain rencana kerja, terdapat juga rencana kegiatan dan anggaran kegiatan yang perlu untuk disusun oleh kepala sekolah.

Rencana Kerja Jangka Menengah 2019

Contoh dari RKJM 2020 atau Rencana Kerja Jangka Menengah ini dapat anda akses dan anda download di repositori.kemdikbud.go.id/9036/, melalui web milik Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan tersebut anda dapat melihat contoh modul kepala sekolah dalam membuat Rencana Kegiatan Jangka Menengah.
RKJM Terbaru 2020
RKJM Terbaru 2020

Modul ini berisikan pembelajaran - pembelajaran mengenai tentang bagaimana mengkaji Rencana Kerja Jangka Menengah ( RKJM ) serta Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ( RKAS ) beserta dengan laporan keuangannya. Aktifitas utama dari kegiatan ini adalah melakukan sebuah analisis konteks dan  juga analisis Evaluasi Diri Sekolah atau yang lebih dikenal dengan EDS.

Setelah selesai mempelajari Modul Rencana Kerja Jangka Menengah ( RKJM ) ini, setiap kepala sekolah diharapkan untuk bisa membuat kajian RKJM dan juga RKAS dengan cara melakukan analisis konteks serta analisis Evaluasi Diri Sekolah ( EDS ). Kemudian kepala sekolah diharapkan mampu menyusun rencana monitoring serta evaluasi program sekolah dan membuat tindak lanjutnya.

Dan yang terakhir adalah setiap kepala sekolah mampu membuat dan menyusun laporan keuangan secara transparan dan juga sesuai dengan penggunaan. Di dalam modul RKJM ini terdapat 3 bagian utama yaitu yang pertama adalah penjelasan tentang modul kepala sekolah, yang kedua adalah kegiatan pembelajaran yang di dalamnya juga termasuk lembar kerja, dan bagian yang ketiga adalah berisikan tentang latihan soal dan juga bahan bacaan pembelajaran.

Sebelum masuk untuk mempelajari modul ini, terdapat hal - hal yang perlu dipersiapkan seperti:
  • Profil sekolah
  • Laporan EDS
  • Dokumen - dokumen tentang Rencana Kerja Jangka Menengah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah milik sendiri atau dapat mengambil contoh dari sekolah lain atau bisa juga mengambil dari web repositori.kemdikbud.go.id.
  • Dokumen Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 mengenai Standar Pendidikan Nasional.
  • Dokumen Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 yang berisikan mengenai Standar Pengelolaan Pendidikan yang dilakukan  Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.
  • Dokumen Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 tahun  2013 yang berisikan Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 tahun 201 yang berisikanStandar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten / Kota.
Setelah dokumen - dokumen tersebut dilengkapi, setiap kepala sekolah diharapkan untuk mampu dan mengerti dalam menganalisis Rencana Kerja Jangka Menengah ini. Modul kepala sekolah ini juga memiliki kaitan dengan modul lain seperti Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta Pengelolaan Sarana dan Prasarana.

Dalam mempelajari modul ini diberikan waktu 30 JP (Jam Pelajaran). Keadaan waktu tersebut dapat disesuaikan dengan keadaan serta kebutuhan yang terjadi di lapangan.


Demikianlah contoh RKJM 2020  yang dapat anda pelajari lebih lengkap melalui modul yang telah disiapkan.

Brought to you by: Gurupendidikan

Post a Comment

Copyright © 2019

Kemdikbud.co.id