-->

[ADS] Top Ads

Ini Daerah Asal Suku Dani dan Tradisi Didalamnya

Daftar isi: [Tampil]

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sekali suku bangsa. Ya, dari Sabang sampai Merauke terdapat beragam suku bangsa yang berbeda yang mendiami wilayah tertentu. Suku-suku tersebut memiliki ciri khas dan juga kebudayaan yang berbeda-beda. Salah satu suku di Indonesia yang hingga kini masih menjaga ciri khas mereka adalah suku Dani.


Pernahkah Anda mendengar tentang suku ini sebelumnya?

suku dani di wamena papua
suku dani di wamena papua

Bisa dikatakan, suku Dani adalah salah satu diantara banyaknya suku bangsa di Indonesia yang mendiami wilayah pegunungan, tepatnya di pegunungan Papua yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya. Suku ini hidup berkelompok dan hingga kini masih menunjukkan eksistensi mereka termasuk ciri khas yang melekat padanya.

Sekilas Tentang Suku Dani

Menurut catatan sejarah, suku Dani telah mendiami suatu wilayah di Papua yang bernama Lembah Baliem sejak ratusan tahun yang lalu. Suku ini berkelompok dan membuat koloni yang baru hingga jumlahnya terus bertambah hingga saat ini.


Kehidupan suku Dani bergantung pada hasil pertanian. Namun, suku ini adalah petani yang terampil. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan beragam jenis perkakas yang cukup canggih ketika mereka pertama kali ditemukan. Selain bertani, kebutuhan hidup orang-orang suku Dani juga dipenuhi dengan berburu binatang dari hutan.

Tradisi Potong Jari Suku Dani

Dalam pola kehidupannya, suku Dani memiliki cukup banyak tradisi yang unik dan tentu menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat mereka. Salah satu tradisi yang masih ada hingga kini adalah tradisi potong jari.


Sekilas, tradisi ini cukup mengerikan. Namun, orang-orang suku Dani percaya bahwa hal tersebut adalah sebuah tradisi yang baik. Hal ini dikarenakan tradisi potong jari merupakan ekspresi dari kehilangan anggota keluarga yang meninggal. Jika ada kerabat dekat yang meninggal, maka salah satu kerabat mereka diwajibkan untuk melakukan tradisi ini. 

Sistem Kekerabatan Suku Dani

Layaknya suku pada umumnya, suku Dani menggunakan sistem kekerabatan patrilineal di mana akan dipimpin oleh kepala suku. Tentu, kepala suku yang memimpin masyarakat suku Dani harus merupakan seseorang yang memiliki banyak kemampuan dan bisa menjadi panutan bagi masyarakat yang lain.


Tidak hanya itu, ada tiga sistem kekerabatan suku Dani yang lebih mendetail. Ketiga sistem kekerabatan tersebut adalah kelompok kekerabatan, paroh masyarakat dan kelompok teritorial.Nah, demikian beberapa ulasan tentang suku Dani yang hidup di pedalaman Papua. Suku ini masih ada hingga sekarang dan memperkaya khazanah budaya Indonesia.

Post a Comment

Copyright © 2020

Kemdikbud.co.id